Pemkab Ciamis Menjadi Kegiatan Pertama TOF se-Jawa Barat, 12 Lokasi Dengan 3 Komoditas Disiapkan

Kabupaten Ciamis,- Wakil Bupati Ciamis H. Yana D. Putra membuka acara Training Of Farmer (TOF) dalam rangka memperkuat regenerasi petani di Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan di kebun belakang MTs AL-IHSAN Jln. Awilega No. 43 Benteng Ciamis pada Selasa, 10/10/23.

Untuk diketahui kegiatan TOF ini merupakan program yang digagas oleh Pemprov Jawa Barat dan merupakan kali pertama yang dilaksanakan salahsatunya di Kabupaten Ciamis.

Kabupaten Ciamis sendiri termasuk yang paling sigap menjalankan program tersebut melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis bersama dengan paguyuban petani milenial ciamis.

Petani milenial yang terlibat di lokasi Kecamatan Benteng sendiri terdiri dari petani milenial Kecamatan Ciamis dan Sadananya dengan penanaman bibit semangka varietas baginda dengan luas tanam 0,14 Ha.

Wakil Bupati Ciamis H. Yana D. Putra dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkab Ciamis sangat menyambut baik program kegiatan tersebut.

“Kami Pemerintah Kabupaten Ciamis sangatlah mendukung program ini, apalagi ini menjadi pertama kegiatan TOF Jawa Barat yang dilaksanakan di Ciamis, insyalloh kami Pemda akan bantu urus untuk legalitasnya, selain itu juga dipersilahkan untuk manfaatkan program pemerintah saat ini dengan semaksimalkan mungkin”, Ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup mengatakan bahwa Kabupaten Ciamis sendiri adalah daerah yang agraris.
“Kabupaten Ciamis ini dianugerahi potensi sumber daya alam yang luar biasa dan bertani ini adalah pekerjaan yang luarbiasa karena sebagai bentuk syukur kita terhadap Allah SWT”, Katanya

Dalam kesempatan tersebut, Wabup mengatakan Pemda sendiri telah menyerahkan lahan tanah untuk dimanfaatkan dengan sistematisnya tidak perlu kontrak alias bisa dengan bagi hasil.

Wabup juga tidak lupa menitipkan kepada paguyuban petani milenial di Kabupaten Ciamis agar bisa memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, sebagai kaum muda yang penuh dengan idealisme dan inovasi-inovasinya agar selalu terus dijaga dan dikembangkan terus dengan kemajuan teknologi yang tepat guna agar produksinya sendiri bisa sesuai dengan harapan.

“Jangan mudah mengeluh, karena orang besar adalah orang yang mampu bangkit dari keterpurukan menjadi sebuah keberhasilan. Selain itu kita juga masih pokus di ketahanan pangan, bahkan menurut saya ini tidak akan pernah lekang oleh jaman, karena pangan adalah sumber kebutuhan kehidupan yang paling utama”, Singkatnya

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat sekaligus Ketua Penyuluhan Kabupaten Ciamis Herry Dermawan turut hadir pada kegiatan tersebut mengharapkan kegiatan TOF ini bisa terus berjalan sehingga tidak sampai hanya sekedar di seremonial saja.

“Alhamdulillah Kabupaten Ciamis insyalloh tidak akan kekurangan pangan, bahkan kita menjadi pemasok bagi kabupaten dan kota lain, akan tetapi memang ketahanan pangan ini tidak hanya padi saja namun juga sayur-mayur dan buah-buahan”.

Ya, semoga para petani milenial ini bisa terus mengembangkan potensi yang ada ke para komoditas lainnya, diantaranya banyak sekali komoditas pisang di Kabupaten Ciamis apalagi bila dikelola oleh para petani milenial sehingga tidak menutup kemungkinan kedepan akan semakin besar dan maju. Harap Hery

Terakhir, Kadis TPH Provinsi Jawa Barat yang diwakili Kabid Penyuluhan Tanaman Pangan dan Holtikultura Jabar Rahmat Hidayat menjelaskan untuk di Kabupaten Ciamis sendiri ada 3 komoditas di 12 lokasi TOF dengan komoditas semangka, mentimun dan terong. Bebernya
Menurut Rahmat, tujuan regenerasi petani ini sangat penting sekali, sehingga hadirlah para petani muda dengan sentuhan teknologi sebagai pembeda, seperti hal digitalisasi, pemasaran dan produksinya tidak menutup kemungkinan akan melahirkan komoditas-komoditas lainnya sehingga kedepannya diharapakan akan meningkatkan perekonomian. Tandasnya

Share Berita